“Universitas Negeri Medan saat ini sedang mempersiapkan program-program menuju world class University salah satunya adalah dengan meningkatkan mahasiswa asing. Saat ini sendiri Universitas Negeri Medan memiliki mahasiswa asing dari Malaysia, filipina, dan prancis. Mahasiswa tersebut ada yang mengikuti program pertukaran pelajar, magang maupun yang berkuliah di Unimed. Untuk itu UNIMED telah melakukan peningkatan layanan bagi mahasiswa asing tersebut sehingga dapat memudahkan mereka di Unimed,” ujar Kepala Kantor Urusan Internasional Maya Oktora, M.Hum pada Workshop Pembuatan SOP Pelayanan Terhadap Mahasiswa Internasional di Rudang Hotel, Brastagi (07/06/22).

Acara Workshop ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Internasional Universitas Islam Nusantara Sumatera Utara (UIN-SU). Pada workshop ini pihak UIN-SU mengundang Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Negeri Medan (KUI Unimed) Maya Oktora, S.Pd., M.Hum sebagai narasumber.

Pada workshop tersebut Maya mengatakan beberapa Layanan yang diberikan KUI Unimed terhadap mahasiswa internasional diantaranya Pengurusan Dokumen Imigrasi seperti Pengurusan Surat Izin Belajar, Visa Elektronik dan E-KITAS, Program BIPA. “dengan program BIPA di UNIMED kami memberikan Mahasiswa Internasional kesempatan untuk lebih memahami Bahasa Indonesia melalui pembelajaran yang berbasis budaya SUMUT selain mengajarkan Bahasa Indonesia, kami juga mengenalkan budaya di Sumatera Utara dengan mengajak mahasiswa Internasional ke beberapa destinasi budaya di Sumut,” ujar Maya Oktora.

Lanjutnya Maya juga menjelaskan layanan lainnya yakni Student buddies dimana Mahasiswa UNIMED bertugas membantu dan mendampingi mahasiswa internasional agar beradaptasi dengan baik di bidang akademik dan social selama mengikuti pembelajaran di Unimed dan layanan terakhir adalah Pendampingan belajar oleh Pembimbing Akademik bagi mahasiswa internasional yang memiliki kesulitan di bidang akademik. ”Kami telah menyediakan website KUI io.unimed.ac.id dan media social Instagram dan youtube kui.unimed Agar mempermudah civitas unimed dan mahasiswa internasional untuk mencari info yang diperlukannya,” tutup Kepala KUI Unimed tersebut.(KUI UNIMED)

Categories: